Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Indahnya Sebuah Kebersamaan

  • Asyiknya kalo sudah kumpul bareng ma temen-temen.
  • Foto bareng saat Ziarah Wali Songo ketia di Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim 2009.
  • Ono-ono wae saat arek CONTRA berkumpul bersama.
  • si Kecil yang imout.

Sabtu, 19 Januari 2013

Sabtu, 19 januari 2013

Suasana pagi hari ini beitu cerah. Sisa-sisa embun malam masih terlihat di atas dedaunan. Cahaya mentari bersinar melesat dengan cepat ke arah bumi menerobos celah-celah dedaunan. Tanda bagi induk burung-burung untuk bergegas terbang menjauhi rumah, meninggalkan si buah hati untuk mencari sesuap makanan bagi keluarga untuk bertahan dalam menjalani kehidupan ini.
Tepat pada hari sabtu, 19 januari 2013. Ratusan mahasiswa INKAFA memadati ruangan untuk mengikuti STUDIUM GENERAL bersama Dr. Muhammad Zain (Kasubdit Pengembangan Akademik DIKTIS Sirjen Pendis KEMENAG RI) sekaligus dalam rangka Pembukaan Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2012-2013 yang diadakan oleh pihak rektorat dan BEM _I. Dalam acara tersebut juga hadir beberapa Rektorat, Dekanan, Kajur, serta bapak-bapak Dosen yang telah mengajar di INKAFA.
Tepat hari itu juga, berarti aku sudah semester 6. Tinggal 2 tahun lagi aku sudah wisuda. Entah mengapa waktu begitu cepat berlalu atau memang aku yang nggak merasakan waktu itu. Padahal kurasa baru kemarin aku masuk perkuliahan. Tapi entah, sekarang aku sudah semester 6. Yang jelas, ada tanda pertanyaan besar dalam benakku. Apa sudah aku dapatkan selama ini? Sudah siapkah diriku untuk menyandang gelar sarjana? Sudah siapkah diriku untuk mengabdi pada masyarakat nanti? Sebuah pertanyaan yang terus mengganggu pikiranku.
Rasa antusias dan gemuruh para audiens tatkala bapak Dr. Muhammad Zain mengulas tentang jati dirinya pada masa lalu disertai dengan guyonan khas asli orang sumatera. Tak luput beberapa materi tentang “Masa Depan PTAIS (Perguruan Tinggi Agama Islam)” juga beliau uraiakan.
“Orang Tuaku seorang petani yang tak lulus dari SD. Saya dilahirkan dari orang biasa, dan hidupku pun dijalani dengan cara yang biasa pula. Tapi, saya melakukannya dengan cara yang tak biasa sehingga menjadi luar biasa” kata beliau saat mengulas tentang masa lalu.
Disamping itu, bapak Dr. Muhammad Zain juga memberikan motivasi kepada para mahaiswa-mahasiswi untuk terus belajar. “Dengan pendidikan dari orang biasa menjadi orang yang terhormat. Dengan pendidikan bisa mengetaskan dari kemiskinan. Dari pendidikan kita bisa merubah kehidupan kita.” Itulah pesan yang disampaikan oelh beliau yang terispirasi dari kemiskina keluarga beliau ketika dulu.
“Nasib seseorang bisa diramal hanya dengan 2 faktor yaitu 1. Siapa teman-teman anda? 2. Buku apa yang anda baca sekarang?”
“Dibalik kesulitan hidup, dibalik kehempitan hidup, dibalik kepahitan hidup, sesungguhnya Allah telah menyiapkan kebahagiaan untuk kita semua.”
Dan juga ada beberapa hal yang disampaikan beliau khusus buat para mahasiswa-mahaiswi. “ketika mengerjakan makalah, skripsi, ataupun tugas yang lain, janganlah para mahasiswa menyontek atau copy paste. Karena ketika mahasiswa tersebut menjadi pejabat, maka dia akan koruspi. Jadi, orang korupsi dulunya suka menyontek.”
Seorang mahasiswa juga harus bisa menggunakan komunikasi yang baik. Karena permasalahan atau konflik yang terjadi di mananpun dikarenakan kurang adanya miskomunikasi. Sehingga ketika terjun ke masyarakat nanti seorang mahasiswa harus bisa menggunakan komunikasi yang baik. Di dalam al-qur’an banyak disinggung tentang komunikasi. Qoulan karima, qoulan bariroh, qoulan layyinah, qoulan syadida.
Dan seorang mahasiswa harus mempunyai 3 hal ini. Yaitu 1. Seorang mahasiswa harus bisa kecakapan history atau pintar dalam bercerita. 2. Bermntalitas explore atau jiwa-jiwa petualang. 3. Tidak puas terhadap apa yang sudah diperoleh.
Dan terkahir beliau juga menyampaikan bahwa PTAIS bisa menyaingi atau menggungguli PTAIN tergantung kompopnen-komponennya. Jika komponen-komponen dalam dalam lembaga tersebut baik atau sesuai dengan yang diharapkan maka lembaga tersebut bisa menyaingi lembaga yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Seacrh

.